Jumat, 16 Juli 2010

Bacaan Harian Injil, Jumat 16 Juli 2010

Bacaan Harian Kitab Suci Injil
Jumat, 16 Juli 2010
Matius 12 : 1-8

Murid-murid memetik gandum pada hari Sabat

1.Pada waktu itu, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang. Karena lapar, murid-muridNya memetik bulir gandum dan memakannya.

2.Melihat itu, berkatalah orang-orang Farisi kepadaNya:"Lihatlah, murid-muridMu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat."

3.Tetapi jawab Yesus kepada mereka:"Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,

4.bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan bagaimana mereka makan roti sajian yang tidak boleh dimakan, baik olehnya maupun oleh mereka yang mengikutinya, kecuali oleh imam-imam?

5.Atau tidakkah kamu baca dalam kitab Taurat, bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam Bait Allah, namun tidak bersalah?

6.Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang melebihi Bait Allah.

7.Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.

8.Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat

9.Setelah pergi dari sana, Yesus masuk ke rumah ibadat mereka.

10.Di situ ada seorang yang mati sebelah tangannya. Mereka bertanya kepadaNya:"Bolehkah menyembuhkan orang pada hari Sabat?"Maksud mereka ialah supaya dapat mempersalahkan Dia.

11.Tetapi Yesus berkata kepada mereka:"Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia akan menangkapnya dan mengeluarkannya?

12.Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat."

Renungan/Sharing:
Bacaan Alkitab hari ini sekali lagi menunjukkan belas kasih yang luar biasa dari Tuhan kita Yesus Kristus. Ketika mendapatkan pertanyaan tentang boleh tidaknya melakukan penyembuhan di hari Sabat, Yesus memberikan perumpamaan tentang domba yang jatuh ke lobang apakah tidak akan diselamatkan oleh pemiliknya hanya karena hari itu adalah hari Sabat. Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba. Karena itu Yesus berkata boleh berbuat baik pada hari Sabat. Yesus juga berkata : Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah.

Semoga kita boleh menjadi pribadi yang penuh belas kasih seperti teladan yang telah Yesus berikan. Tuhan Yesus memberkati senantiasa, amin.

Shallom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar