Jumat, 02 Juli 2010

Bacaan Harian Injil, Jumat 2 Juli 2010

Bacaan Harian Kitab Suci Injil
Hari Jumat, 2 Juli 2010
Matius 9:9-13

Matius pemungut cukai mengikuti Yesus

9.Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya:"Ikutlah Aku."Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.

10.Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-muridNya.

11.Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus:"Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?"

12.Yesus mendengarnya dan berkata:"Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit.

13.Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini:Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

Renungan/Sharing:
Dalam bacaan Alkitab hari ini, Yesus dengan tegas mengatakan bahwa Dia datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa. Keselamatan datang dari orang yang percaya kepadaNya dan melakukan pertobatan atas dosa-dosanya. Yang dikehendaki Yesus adalah belas kasihan, bukan persembahan. Sedangkan yang dilakukan orang-orang Farisi itu adalah bersikap sombong, menganggap dirinya paling benar dan memandang rendah pemungut cukai dengan menganggap mereka orang berdosa. Sedangkan para pemungut cukai dan orang-orang berdosa yang selama ini dikucilkan dan tidak diterima itu merasa diterima dan dikasihani oleh Yesus yang mengajak mereka untuk mengikutiNya. Ajakan itu disambut mereka dengan sukacita dan pertobatan. Yesus sekali lagi mengajarkan perbuatan kasih kepada orang lain, sekalipun orang itu adalah orang berdosa.

Semoga kita boleh menjadi pribadi yang penuh kasih terhadap orang lain dan menjauhkan diri dari sikap sombong dan merendahkan orang lain. Kita pun adalah orang berdosa. Namun jika kita mau menerima ajakan Yesus untuk bertobat maka kita akan memperoleh keselamatan kekal. Tuhan Yesus memberkati, amin.

Shallom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar