Minggu, 30 Mei 2010

Bacaan Harian Injil, Minggu 30-05-2010


Bacaan Harian Kitab Suci Injil
Hari Minggu,tanggal 30-05-2010
Hari Raya Tritunggal Maha Kudus
Yohanes 16:12-15


12.Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya:"Masih banyak yang harus Kukatakan kepadamu,tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.

13.Tetapi apabila Ia datang,yaitu Roh Kebenaran,Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran;sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri,tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

14.Ia akan memuliakan Aku,sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku.

15.Segala sesuatu yang Bapa punys,adalah Aku punya;sebab itu Aku berkata;Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku."

Renungan:
Tadi malam saya datang mengikuti misa Hari Raya Tritunggal Maha Kudus.Umat yang hadir lumayan banyak.Saya duduk di bangku no.2 dari tengah sebelah kanan.Di depan saya duduk seorang kakek yang kira-kira berusia 70an tahun.Beliau membawa buku Tata Perayaan Ekaristi (TPE) dan sebuah balsem diatasnya.Mungkin balsem itu digunakan supaya badan tetap hangat,tidak kedinginan oleh kipas besar yang menempel di dinding tembok.Beliau juga duduk mojok di dekat tembok untuk menghindari terpaan kipas angin.Tak ada keluarga yang menemani,entah karena tidak ada sanak saudara yang berdomisli yang sama,atau karena tidak ada yang Katolik selain beliau,atau apalah,tapi yang jelas beliau sudah datang ke Gereja dengan penuh kerinduan untuk berjumpa dengan Tuhan Yesus sendiri.Terlebih lagi hari ini adalah hari yang spesial yaitu hari Raya Tritunggal Yang Maha Kudus,Allah Bapa,Allah Putera dan Allah Roh Kudus.

Mungkin bagi sebagian orang,kehadiran beliau di gereja adalah hal yang biasa,tetapi bagi saya justru hal itulah yang semakin menguatkan iman saya akan Tuhan Yesus.Tuhan memanggil kita sendiri untuk hadir di dalam perjamuan-Nya.Kita pun rindu untuk menanggapi undangan-Nya,rindu untuk bersatu dengan-Nya melalui komuni suci.Sang Kakek telah memberi teladan yang baik bagi kita untuk selalu memenuhi panggilan Tuhan.Kita tidak memilih Tuhan,tetapi Tuhan sendirilah yang memilih kita.Semoga di hari Raya Trutunggal Yang Maha Kudus ini,Roh Kudus dicurahkan ke atas kita,Roh Kebenaran yang akan memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran.

Shallom

1 komentar: