Minggu, 23 Mei 2010

Hari Raya Pentakosta

Bacaan Hari Minggu,tanggal 23 Mei 2010
Yohanes 14:15-16,23b-26

15.Pada perjamuan malam terakhir Yesus berkata kepada murid-murid-Nya,"Jikalau kamu mengasihi Aku,kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

16.Aku akan minta kepada Bapa,dan Ia akan memberikan kepadamu seorang penolong yang lain,supaya ia menyertai kamu selama-lamanya.

23b.Jika seorang mengasihi Aku,Bapa-Ku akan mengasihi dia,dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dia.

24.Barangsiapa tidak mengasihi Aku,ia tidak akan menuruti firman-Ku;dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku,melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.

25.Semuanya itu Kukatakan kepadamu,selagi Aku bersama-sama dengan kamu;

26.tetapi Penghibur,yaitu Roh Kudus,yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku,Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Renungan:
Dalam jaman sebelum ada Yesus,hari raya pentakosta merupakan puncak dari musim panen,namun sejak jaman Yesus,Hari Raya Pentakosta merupakan hari turunnya Roh Kudus yang dicurahkan kepada murid-murid-Nya. Para rasul tidak lagi berada dalam ketakutan dikejar-kejar pasukan,tatapi dengan kekuatan Roh Kudus,mereka berani mewartakan kerajaan Allah.Bahkan yang fenomenal,Rasul Petrus dengan kuasa Roh Kudus,mampu memberikan khotbah yang mempertobatkan 3000 orang sekaligus.Suatu karya Roh Kudus yang luar biasa.Mereka tak lagi merayakan musim panen tanaman,melainkan panen manusia.

Seperti Yesus pernah berkata bahwa panenan banyak tetapi hanya sedikit yang memanen,maka hari ini Roh Kudus akan dicurahkan kepada kita,supaya kita dengan kuasa Roh Kudus mampu untuk mewartakan kerajaan Allah di dunia ini dan mengajak orang lain untuk mengikuti Yesus.

Shallom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar