Minggu, 20 Juni 2010

Bacaan Harian Injil, Minggu 20-06-2010

Bacaan Harian Kitab Suci Injil
Hari Minggu Biasa XII
Minggu, 20 Juni 2010
Lukas 9:18-24

Pengakuan Petrus
18.Pada suatu kali ketika Yesus berdoa seorang diri, datanglah murif-murid-Nya kepada-Nya. Lalu Ia bertanya kepada mereka: "Kata orang banyak, siapakah Aku ini?"

19.Jawab mereka:"Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan : Elia, ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit."

20.Yesus bertanya kepada mereka:"Menurut kamu, siapakah Aku ini?"Jawab Petrus:"Mesias dari Allah."

21.Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapapun.

Pemberitahuan pertama tentang penderitaan Yesus dan syarat-syarat mengikuti Dia

22.Dan Yesus berkata:"Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

23.Kata-Nya kepada mereka semua:"Setiap orang yang mau mengikuti Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku.

24.Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, tetapi barang siapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan menyelamatkannya.

Renungan/Sharing:
Tak kenal maka tak sayang, itulah pepatah yang bisa menggambarkan isi bacaan harian alkitab hari ini. Dalam suatu kesempatan Yesus menanyakan perihal siapa diri-Nya kepada murid-murid-Nya. Para murid mengatakan bahwa banyak orang menganggap Yesus adalah Yohanes Pembaptis, ada yang mengatakan Elia dan ada yang mengatakan nabi-nabi dahulu yang telah bangkit. Namun bagi murid-murid Yesus yang telah mengenal Yesus lebih dalam, Yesus adalah Mesias dari Allah. Dan Yesus mengajak mereka untuk mengenal sang Mesias dengan lebih dalam lagi, yaitu bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan penolakan dari tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga. Yesus juga mengajak para pengikut Yesus untuk menyangkal dirinya dan memikul salibnya sendiri setiap hari sebagai syarat untuk mengikuti Yesus.

Semoga kita mampu mengenal Yesus secara lebih mendalam dan bersedia mengikuti Yesus dengan menyangkal diri kita dan memikul salib kita sendiri setiap hari. Tuham Yesus memberkati senantiasa.Amin

Shallom


Tidak ada komentar:

Posting Komentar